Cara membuat air effect di google sketchup

OK..
trik berikut ini adalah bagaimana teknik render vray dalam pembuatan
efek air pada software sketchup.. sederhana kok, yang diperlukan hanya
kesabaran saja pastinya, mencoba terus berulang2 kali adalah cara untuk
mendapatkan hasil yang maksimal... Nah, berikut caranya....
Buatlah sebuah model kolam atau desain yang anda inginkan
Double Klik bidang air, Buka material editor lalu import new material untuk efek air yang akan kita buat
Klik kanan material, lalu pilih Apply material to object(s)
Pada kolom Refraction,ubah warna Fog Color dengan setting RGB 223,244,255 dan OK,lalu update preview kembali...
Kolom Maps, tandai setting Bump dan Diplacement lalu klik huruf "m" untuk mengubah texture...
Kolom Diplacement Texture Editor, pilih Noise dengan Multiplier 1 dan Size 20...
Kolom Bump texture editor, Pilih Noise dengan multiplier 1 dan size 10, lalu Apply
Kolom Reflection, ubah setting Highlight glossiness menjadi 0.95
Kolom Diffuse, ubah setting Color menjadi White....N' OK... Set untuk Material pun selesai
Sebelum memulai Rendering, Set kembali Render OptionKolom Environtment tandai GI(skylight) dan ubah warnanya menjadi putih abu2 agar tdk terlalu silau, Kemudian tandai juga Background, lalu masuk ke texture editor, settingnya sbb:
- Pilih Bitmap dgn multiplier 1
- Kolom UVW tandai environment
- Kolom environment ubah nilai rotation dan repeat sebesar 3, 3, 3, 3
- Kolom Bitmap pilih image sky yang anda inginkan, lalu OK
Untuk kolom Diplacement, pada setting Amount beri nilai 2 (dua)
Jalankan mesin Vray Rendering,waktu yang di butuhkan adalah 13 menit 22 detik dengan
set option render “medium” (untuk render file ini) dan hasilnya... Taa.. Daa..!!
Selamat Mencoba..!!
Catatan: Nilai setting tiap luasan bidang air berbeda-beda, jadi silahkan anda masukkan nilai sesuai dengan luasan bidang yg anda desain, utak-atik saja!!

Comments
Post a Comment